android no root

6 Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

Bagaimana agar android agar lebih ringan dan cepat?

Memiliki  Ponsel yang lambat sangatlah menjengkelkan, apalagi ketika HP masih digunakan untuk main game atau sekedar scroll profil mantan.

Oleh karena itu Aku mau berbagi pengalaman yang mungkin membantu buat kalian cara setting hp biar enteng.

Smartphone merupakan perangkat elektronik yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Terkadang kita terkecoh dengan desain, tapi tidak tau kalau hp tersebut padahal lambat.

Smartphone yang lemot bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Kalau HP-mu sudah dianggap lambat, pasti kamu akan mencari cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat.

 

MultitaskingApa yang menyebabkan HP lag?

HP ngelag biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terlalu banyak multitasking, terlalu banyak sampah, atau malah serangan virus saat mengakses internet, dll.

Sebelum semakin parah, sebaiknya bersihkan dan optimalkan ponselmu agar performanya kembali normal. Bukan tidak mungkin untuk meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat.

Aku sendiri pernah mengalami situasi dimana tiba-tiba menjadi lemot yang bikin pengen beli hp baru lagi. Sementara itu, smartphone terbaru biasanya lebih mahal karena kualitasnya juga lebih baik.

Sebenarnya cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat adalah dengan beli baru tapi tentu membutuhkan banyak biaya. Lalu Bagaimana cara mempercepat kinerja hp android?

Cara mengatasi hp lemot dengan beberapa tips berikut ini

Cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat kali ini merupakan rangkuman dari tulisan aku yang kemarin yaitu aplikasi peningkat peforma android terbaik.

Aplikasi mempercepat kinerja android tanpa root

Greenify

Greenify logo

 

Tau gak kalau aplikasi ini sangat populer dikalangan opreker, soalnya aplikasi ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan peforma HP kalian. Aplikasi Peningkat Performa Android Tanpa Root ini sudah lama dipercaya oleh orang yang paham dengan manfaat yang diberikan.

Greenify adalah aplikasi Android yang memungkinkan Kamu meningkatkan masa pakai baterai dan kinerja perangkat dengan menghibernasi aplikasi tertentu dan ini merupakan aplikasi untuk bagaimana cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat.

FilesLogo Files Small Size

 

beberapa fitur ini bisa buat kamu tambah yakin kalau ini aplikasi 3-in-1 ini sangat rekomendasi buat kamu. Aplikasi ini juga salah satu cara meningkatkan performa hp  ini Meskipun ukurannya kecil, Files melakukan tiga hal sekaligus:

  1. Kosongkan ruang penyimpanan – Bersihkan file sampah dan cache, bersihkan memori untuk meningkatkan kinerja perangkat dan mengoptimalkan kinerja ponsel cerdas.
  2. Temukan File dengan Cepat – Lihat area penyimpanan yang berbeda dan temukan semuanya dengan cepat dan mudah.
  3. Berbagi File – Kirim foto, video, file besar, dan bahkan APK. Kecepatan hingga 480Mbps pada jaringan Wi-Fi terenkripsi.

Cara mempercepat kinerja hp dengan tips ampuh

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Kinerja HP Android

Bila sudah menggunakan salah satu aplikasi diatas dirasa belum ada perubahan secara signifikan mungkin tips rekomendasi dibawah ini bisa digunakan untuk bagaimana cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat

Mulai Ulang HP / Restart Ponselmu

restart

Ketika telepon dihidupkan ulang, secara otomatis menghapus file yang tidak perlu dari RAM dan penyimpanan. Lagi pula, me-reboot tidak perlu dikhawatirkan dan benar-benar akan membuat ponsel Anda lebih mudah dan lebih ringan untuk digunakan.

Aktifkan Mode Performa

Pada dasarnya setiap Android selalu memiliki mode fungsional atau kinerja. Mulai dari performa baterai, mode hemat baterai, optimalisasi memori, mode normal, hemat energi, dan perawatan perangkat.

Jika Android kamu agak lambat, kamu dapat mengaktifkan salah satu mode kinerja di atas, kecuali mode penghemat baterai. Tersedia mode performa dan mode normal.

Jadikan ponsel kamu berkinerja lebih baik dan tidak melambat. Menavigasi Android juga terasa lebih mudah dibandingkan pendahulunya. Ini karena mode penghemat baterai memperlambat kinerja ponsel kamu karena membatasi beberapa aplikasi.

Hal ini untuk menghindari penggunaan daya yang berlebihan. Mode hemat baterai juga dapat membatasi kinerja CPU pada prosesor Android. Namun, prosesor CPU adalah kunci kinerja sistem Android cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat,

Update OS / Perbaharui Perangkat Lunak

Update OS / Perbaharui Perangkat Lunak

Secara umum, sistem operasi terbaru juga harus membantu meningkatkan kinerja Ponsel. kamu dapat memperbarui dengan membuka menu “Pengaturan”, lalu memilih bagian “Tentang perangkat” dan melanjutkan ke “Pembaruan perangkat lunak”.

Kemudian cukup ketuk opsi “Periksa pembaruan”. Jika kamu menemukan pembaruan, kamu harus segera mengunduhnya dan menginstalnya langsung di ponsel kamu.

Hal yang sama berlaku untuk berbagai aplikasi yang kamu miliki. Jika pembaruan tersedia, kamu sebaiknya segera memperbaikinya. cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat Berkat itu, kinerja ponsel bisa lebih cepat dan terasa sangat ringan saat digunakan.

Hapus Aplikasi jarang digunakan

UNINSTALL

 

Jika cara sebelumnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi bawaan,cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Tentunya pengguna yang memiliki smartphone baru sangat antusias untuk mendownload berbagai aplikasi, termasuk aplikasi game.

Game yang diunduh biasanya adalah game online berukuran besar. Ini dapat menyebabkan ponsel Anda berkinerja buruk dan cepat panas.

Oleh karena itu, sebaiknya hapus aplikasi game berukuran besar atau aplikasi lainnya.

Jika Anda mengunduh aplikasi obrolan atau media sosial, coba gunakan versi ringan untuk mengunduh aplikasi. Karena versi Lite dapat menghemat penggunaan RAM.

Selain itu, setiap aplikasi harus dioptimalkan agar tidak membebani kinerja smartphone. Hal ini membuat smartphone lebih ringan dan tidak lamban.